Senin, 09 Juni 2008

Sejarah Singkat Madzhab Syafi'i

Sejarah singkat madzhab Syafi'i
Secara singkat sejarah mazhab Syafi'i dibagi dalam empat periode :
Periode I : Masa berdirinya mazhab berakhir dengan meninggalnya Imam Syafi'i ra। dan mewariskannya kepada kita berupa kitab Al-Umm.
Periode II : Masa peralihan yang ditandai dengan usaha para sahabat Imam Syafi'i dalam menyebarkan mazhab।Di antara kitab-kitab mereka yang terkenal adalah Mukhtasa Al-Imam Al-Muzani।
Periode III :Masa penulisan yang dilakukan oleh dua orang pemuka (syaikh) mazhab, yaitu Imam Al-Rafi'i dan Imam Al-Nawawi tentang masalah-masalah dalam mazhab serta dalil-dalilnya dan mentarjihkan di antara riwayat-riwayat mazhab dan perkataannya di dalam kitab-kitab mereka yang utama, yaitu : Kitab Al-Minhaj dan kitab Majmu', Sejarah Muhazzab As-Syairazi oleh Imam Nawawi, Kitab Al-Muharrir dan Kitab Fathul Aziz Bisyarah Wajiz Al-Gazali oleh Imam AlRafi'i।
Periode IV : Masa Penetapan Terlihat dari usaha dua ulama fiqih yang besar, yaitu Ibnu Hajar Al-Haitami dalam kitabnya Tuhfatul Muhtaj Bi Syarhil Minhaj dan As-Syams Ar-Ramli di dalam kitabnya Nihayatul Muhtaj fi Syarhil Minhaj, dimana mereka menulis apa-apa yang belum dibicarakan oleh kedua orang syaikh mazhab, yaitu Imam Al-Nawawi dan Imam Al-Rafi'i, dan menyusulkan apa yang tertinggal dari cabang-cabang masalah dalam mazhab serta mencari membahas dengan seksama permasalahan-permasalahan dan bermacam-macam bab।[Diterjemahkan dari mukadimah kitab At-Taqriirat As-Sadiidah fi Al-Masaail Al-Mufiidah, qismul ibaadat, Al-Habib Zein bin I बी
rahim Bin Sumaith]

Tidak ada komentar: